Cara Membuat Blog di WordPress

Cara Membuat Blog di WordPress

Bagaimana cara membuat blog di wordpress? Mungkin kamu hobi menulis dan membutuhkan media publikasi agar tulisanmu mudah ditemukan di internet. Nah artikel kali ini membahas tetang bagaimana cara membuat blog di wordpress.

Blog atau “web log” adalah suatu bentuk aplikasi web yang berupa aneka macam tulisan pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut yang terbalik, yaitu postingan terbaru ditempatkan lebih dahulu (teratas) lalu diikuti dengan postingan sebelumnya dibuat, meskipun tidak harus selamanya demikian.

beberapa jenis-jenis blog.

cara membuat wordpress

  1. Blog politik yaitu tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog kampanye.
  2. Blog pribadi yaitu sering disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
  3. Blog bertopik yaitu blog yang membahas tentang sesuatu dan fokus pada bahasan tertentu.
  4. Blog kesehatan yaitu yang lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan lebih banyak berisi tentang keluhan pasien, informasi berita kesehatan terbaru, keterangan tentang kesehatan, dan lain-lain.
  5. Blog sastra yaitu yang lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  6. Blog perjalanan yaitu yang fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  7. Blog riset yaitu persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  8. Blog hukum yaitu persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  9. Blog media yaitu berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi.
  10. Blog agama yaitu membahas tentang agama.
  11. Blog pendidikan yaitu biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  12. Blog kebersamaan yaitu topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  13. Blog petunjuk (directory) yaitu berisi ratusan link halaman website.
  14. Blog bisnis yaitu digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka.
  15. Blog pengejawantahan yaitu fokus tentang objek di luar manusia; seperti anjing.
  16. Blog pengganggu (spam) yaitu digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog).

Sedangkan WordPress adalah aplikasi web yang fungsinya untuk pembuatan website atau blog yang memanfaatkan segenap tools yang ada. Adapun tools yang dipergunakan sebagai sarana untuk mempermudah kinerja para penggunanya.

fungsi dan kegunaan tools atau fitur yang ada pada WordPress

cara membuat wordpress

  1. Dashboard merupakan pusat kontrol panel yang ada pada wordpress yang memiliki platform wordpress.
  2. Post adalah menu yang biasa dipakai untuk mengedit postingan blogger dan juga untuk posting content blog entah dalam bentuk artikel, gambar, maupun video.
  3. Media adalah menu yang dipakai untuk saving file.
  4. Links adalah menu yang digunakan untuk menyimpan link pada blog yang memanfaatkan layanan wordpress.
  5. Comments adalah fitur wordpress yang fungsinya adalah untuk menonaktifkan dan juga mengedit komentar pada blog berplatform wordpress.
  6. Appearance seperti namanya adalah menu yang digunakan untuk mengganti tampilan blog ataupun untuk mengedit performa blog.
  7. Tools adalah fasilitas penunjang yang dipakai dalam mengelola blog.
  8. Settings adalah menu yang dipakai untuk pengaturan blog yang dioperasikan.
  9. Upgrades adalah fitur blog yang dipakai untuk mengubah blog dari yang gratis menjadi berbayar.

Cara Membuat Website dengan WordPresscara membuat wordpress

Dalam membuat sebuah website yang siap online, pertama milikilah sebuah akun pada web hosting dan nama domain. Untuk ini kamu harus mengambil sebuah paket layanan hosting dan nama domain. Apa itu web hosting? Ini adalah sebuah server di mana kamu akan menyimpan file-file website kamu di internet sehingga bisa diakses oleh semua orang.

Ketika kamu telah memiliki akun web hosting dan nama domain pada salah satu penyedia jasa hosting, maka kamu bisa langsung mulai membuat website pertama dengan menggunakan WordPress.

Untuk melakukan ini, kamu bisa menggunakan cPanel dengan auto installer-nya untuk menginstall wordpress. Berikut ini adalah panduan sederhananya.

Menginstall WordPress pada cPanel:

Langkah pertama, masuklah ke cPanel dari domain kamu. Silahkan ketik namadomain.com/cpanel pada address bar browser kamu lalu tekan Enter. Kemudian masukkan username dan password yang kamu miliki.

  1. Sudah masuk ke dalam cPanel kamu? Sekarang arahkan kursor kamu ke kolom software dan cari aplikasi Fantastico deluxe.
  2. Nanti akan muncul layar pengaturan fantestico de luxe. Pilihlah pada opsi blogs pilihan wordpress. dan masukkan data yang diminta untuk mulai membuat website wordpress kamu pada nama domain yang telah kamu miliki.
  3. Tunggu beberapa saat sampai pemasangan wordpress ini selesai. Setelah itu silahkan klik Finish Instalation.
  4. Sekarang penginstalan wordpress pada nama domain kamu sudah selesai dilakukan.

Sekarang pembuatan website kamu dengan menggunakan CMS WordPress sudah selesai. Kamu bisa membuka website dengan mengetikkan nama domain kamu pada address bar di browser. Akan muncul tampilan standar pertama halaman web dari WordPress.

Kemudian, bagaimana cara masuk ke halaman dashboard blog? Mudah saja, kamu tinggal menambahkan kata wp-admin di belakang URL domain kamu untuk masuk ke dalam dashboard dari blog yang baru kamu buat ini.

Semisal: Jika domain website kamu adalah http://namadomainkamu.com/, maka dasbor blog untuk mengatur segala sesuatunya ada di http://namadomainkamu.com/wp-admin/

Saat mengakses halaman ini kamu harus login dengan memasukkan username dan password untuk akun domain yang ada pasangkan web wordpress barusan.

Cara Mengganti Tema WordPress secara Otomatis

cara membuat blog

Langkah pertama, Login WordPress dengan mengetik namadomainkamu/wp-admin di web browser, lalu masukkan username dan password.

Langkah kedua, Pada menu dashboard WordPress, pilih menu Appearance kemudian pilih Themes. Maka halaman Themes akan terbuka. Untuk mengganti tema WordPress, silahkan klik Add New.

Langkah ketiga, Memilih tema atau template yang diinginkan.

Terdapat beberapa pilihan kategori tema WordPress. Mulai dari Featured (tema yang memiliki variasi fitur), Popular (tema yang banyak digunakan user), Latest (tema terbaru), dan Favorites (tema favorit dari user itu sendiri).

Selanjutnya ada pilihan kategori Feature Filter (memilih tema berdasarkan warna, layout, fitur, maupun subyek). Kamu juga bisa mencari tema atau template dengan menggunakan kotak pencarian yang tersedia. Jika sudah, silahkan pilih dan install sesuai keinginan.

Langkah keempat. Mengaktifkan Tema WordPress.

WordPress akan mendownload tema terpilih dan melakukan proses pemasangan tema pada blog. Setelah proses pemasangan selesai, maka kamu bisa memilih untuk Live Preview untuk percobaan dahulu. Jika kamu ingin mengganti template WordPress secara langsung, silahkan klik Activate.

Langkah kelima, Tema WordPress Berhasil Diganti!

Tunggu sebentar maka template WordPress berhasil diganti.

Demikian pembahasan tentang cara membuat blog di wordpress. Semoga bermanfaat untuk kamu dan bagikanlah artikel ini ke teman-temanmu.